Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Sederhana Word Doc

Memang ya bekerja di suatu perusahaan yang terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi kita membuat kita merasa lelah. Untuk itu, kalau kamu sedang cari contoh surat pengunduran diri, maka kami, ayovaksindinkeskdi.id akan sampaikan ke kamu contoh-contoh yang akan bisa kamu gunakan.

Kan pastinya akan ada saja sih ya kalau kita melakukan suatu pekerjaan di perusahaan, kita merasa bosan atau sudah tidak nyaman dengan lingkungannya. Kalau sudah merasa kurang nyaman dengan lingkungan pekerjaannya, nantinya akan menjadikan kita lebih mengeluarkan tenaga yang ekstra ya.

Kalau sudah begitu, kita juga menjadi tidak mau dan merasa malas-malasan untuk bekerja, ya. Nah, untuk itu, jalan terbaik yang bisa kita ambil adalah mengundurkan diri dari perusahaan yang sedang kita jalankan. Jadi, kalau kita melakukan pengunduran diri ini, nantinya kita tidak bisa bekerja di perusahaan tersebut lagi.

Namun, kamu pastinya masih bingung kan bagaimana caranya supaya bisa membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar gitu? Jangan bingung lagi, pasalnya kami akan sampaikan ke kamu contoh dari surat pengunduran diri kerja yang ada di berikut ini. Ingat, jangan skip pembahasan manapun, ya.

Penjelasan Mengenai Surat Pengunduran Diri Kerja

contoh-surat-pengunduran-diri

Mungkin masih banyak nih yang hanya tahu tentang surat pengunduran diri saja, tetapi kamu belum tahu tentang pengertiannya. Bukan kah begitu? Kan kalau seperti ini nantinya jika ditanya oleh orang, kamu menjadi bingung kan ya untuk menjawabnya. Kamu harus menjawab apa, kan kamu tidak tahu menahu tentang pengertiannya ini.

Oleh karena itu, supaya kamu bisa mengetahui tentang penjelasan atau pengertian dari surat pengunduran dirinya, kami akan sampaikan ke kamu ya pembahasannya. Sebelum masuk ke contoh dari surat pengunduran diri dari kerja ini maka kamu simak saja lah ya pembahasan mengenai pengertiannya ini. Kan supaya menjadi lebih paham, ya.

Surat pengunduran diri merupakan salah satu dokumen yang memang harus dibuat oleh seorang karyawan yang ingin mengajukan resign atau pengunduran diri dari sebuah perusahaan. Surat yang satu ini tentunya menjadi syarat administratif untuk kamu yang ingin melakukan pengunduran diri dari pekerjaan kamu.

Yap, kalau kamu ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan ya artinya kamu juga harus mengajukan surat ini. Surat pengunduran diri ini merupakan salah satu bentuk surat resmi lho ya. Nantinya surat ini akan bisa kamu berikan le atasan kamu atau ke HRD tentang surat ini.

Dengan begitu, nantinya pihak atasan kamu akan bisa mengetahui secara jelas tentang status kamu kalau bukan lah lagi merupakan karyawan dari perusahaan tersebut. Bagaimana kamu sudah paham kan tentang penjelasan yang sudah kami berikan ini?

Nah, kalau memang sudah paham tentang penjelasan yang kami berikan di atas, maka sekarang kami akan berikan ke kamu pembahasan yang lebih lanjutnya ya. Tentunya akan bisa memudahkan kamu dalam membuat jenis suratnya nanti. Oke, kalau begitu langsung saja menyimak pembahasannya ya.

Kenapa Sih Surat Pengunduran Diri Ini Penting Untuk Dibuat?

contoh-surat-pengunduran-diri

Masih banyak kan dari kamu yang masih bertanya-tanya kenapa sih surat pengunduran diri ini penting untuk dibuat? Atau Apa sih tujuan dari dibuatnya surat pengunduran diri ini? Nah, kalau yang seperti-seperti ini, nantinya kamu harus mengetahui ya pembahasannya.

Memang sih, kalau di suatu perusahaan, kita bisa saja langsung melakukan resign atau pengunduran diri dengan cara menyampaikan melalui lisan. Namun, hal yang seperti ini yang tidak disukai oleh banyak perusahaan. Karena akibatnya nanti bisa menjadi tidak jelas gitu lho ya.

Jadi, kalau kita bisa bilang surat pengunduran diri ini memang salah satu dokumen yang wajib untuk dibuat kalau misalkan ingin mengajukan pengunduran diri. Karena ya seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu di atas tadi, kalau surat pengunduran diri ini juga termasuk ke surat yang penting di dokumen administratif sebuah perusahaan.

Nantinya di setiap perusahaan ini memiliki jenis-jenis surat pengunduran diri yang berbeda, ya. Tetapi tujuan dan pentingnya surat pengunduran diri ini memang hanya satu dan sama. Jadi, untuk kamu yang memang ingin mengetahui tentang surat pengunduran diri, kamu bisa simak pembahasan yang selanjutnya ini.

Bisa Memberikan Informasi yang Jelas Tentang Status dari Karyawan

Pentingnya dari surat pengunduran diri ini adalah yang pertama nantinya akan bisa memberikan informasi yang jelas tentang status dari karyawannya. Kan memang ya perusahaan ini akan melakukan catatan administrasi tentang karyawan-karyawannya ya. Dengan adanya surat pengunduran diri ini maka nantinya akan membantu untuk mengetahui informasi dari status karyawannya.

Iya dong, jadinya seperti ini kalau kamu misalkan sudah mengirimkan atau mengajukan surat pengunduran diri. Nah, kalau suratnya ini sudah masuk ke bagian atasan kamu seperti HRD (Human Resource Development) atau lainnya maka status kamu sebagai karyawan sudah hilang ya. Artinya ya kamu bukan merupakan bagian dari perusahaan tersebut lagi.

Memang sih, untuk mengundurkan diri yang cepat dan juga mudah kamu bisa langsung berbicara kepada HRD atau bagian atasan yang lainnya. Namun, etika yang seperti ini tidak digunakan di dalam perusahaan. Karena ketika kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan, maka kamu harus mengeluarkan suratnya juga.

Dengan menggunakan surat pengunduran diri, tentunya kamu akan tetap mendapatkan image yang baik ya di perusahaan sebelumnya kamu bekerja. Selain itu, kamu juga nantinya akan dinilai sebagai karyawan yang memiliki profesionalitas tinggi lho ya. Sangat-sangat penting kan ya surat ini, intinya akan tetap memberikan citra yang baik ke diri kamu.

Memberi Tahu Ke Perusahaan Supaya Secepatnya Mencari Karyawan Baru

Pentingnya dari surat pengunduran diri yang terakhir ini adalah supaya bisa memberikan informasi ke perusahaan untuk mencari pengganti dari diri kamu atau pengganti dari posisi yang kamu duduki sebelumnya. Karena kan dengan surat pengunduran diri yang kamu berikan ke perusahaan, nantinya pihak perusahaan akan bisa langsung bersiap untuk mencari penggantinya.

Apalagi jika kamu menduduki posisi yang memang tidak bisa kosong dan harus segera mendapatkan pengganti. Tentunya pihak perusahaan akan bisa langsung sigap memilih dan juga mendapatkan karyawan baru. Dengan hal ini nantinya kamu juga akan tetap menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan yang kamu tinggalkan tersebut.

Bagian-Bagian Penting yang Ada di Dalam Surat Pengunduran Diri

contoh-surat-pengunduran-diri

Nah, di dalam suatu surat pengunduran diri, pastinya kamu juga akan mendapatkan bagian-bagian gitu, ya. Jadi, di sebuah dokumen nantinya kamu akan bisa melihat banyak sekali bagian-bagian yang memang ada dan sudah ditentukan dari sananya ya. Bagian-bagian yang ada ini juga nantinya akan bisa memberikan ke kamu bentuk surat yang jelas.

Iya, kalau kita membuat sebuah surat gitu, maka nantinya kita harus mematuhi hal-hal yang memang sudah diberikan atau ditentukan dari dalamnya, ya. Karena kalau tidak, nantinya surat yang kita buat tidak jadi lagi. Oleh karena itu, kami akan sampaikan ke kamu bagian-bagian yang penting dan ada di dalam surat pengunduran dirinya.

  • Kamu tuliskan nama kota dimana surat tersebut ditulis dan juga tanggal surat, letaknya di sebelah kanan paling atas.
  • Tuliskan tujuan suratnya, yaitu nama dari perusahaan kamu dan juga alamat lengkapnya ya.
  • Membuat salam pembuka dengan kalimat yang sopan.
  • Jelaskan alasan mengapa kamu sampai ingin mengundurkan dari perusahaan tersebut.
  • Kamu tuliskan mulai dari atau tanggal ditentukannya resign atau pengunduran diri.
  • Tuliskan kalimat terima kasih ke perusahaan dan juga permohonan maaf ke perusahaan atas nama pribadi kamu.
  • Kamu jangan lupa untuk membuat salam penutup dan tanda tangan di bagian paling bawah, ya.

Beberapa Jenis Surat Pengunduran Diri yang Harus Diketahui

Nah, sebelum masuk ke dalam contoh dari surat pengunduran dirinya, maka kami akan sampaikan ke kamu kalau suratnya ini terbagi menjadi dua. Jadi, kamu juga harus tahu ya beberapa jenis dari surat pengunduran diri ini. Pasalnya kalau kamu belum mengetahuinya nanti sulit juga deh ya.

Karena nantinya kamu akan bisa menggunakan kedua jenis surat pengunduran dirinya tersebut. Namun, kalau kamu belum tahu jenis-jenis suratnya kan bagaimana ya. Kalau begitu langsung saja simak jenis-jenis surat di bawah ini.

  • One Month Notice, yaitu surat pengunduran diri yang nantinya akan diberikan ke perusahaan satu bulan sebelum kamu keluar dari perusahaan tersebut. Dengan menggunakan surat jenis ini artinya kamu akan memberikan waktu kepada pihak perusahaan untuk mencarikan pengganti di posisi yang sedang kamu duduki, ya.
  • Two Weeks Notice, yaitu jenis surat pengunduran diri yang akan kamu keluarkan dua minggu sebelum kamu resign. Namun, jika menggunakan jenis surat ini, kamu harus memiliki alasan yang benar-benar masuk akal, ya.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Download contoh surat pengunduran diri dalam bentuk doc gratis –> Download Disini

<Nama Kota tempat penulisan surat, tanggal ditulis surat>

Kepada Yth. Pimpinan

<nama perusahaan tempat bekerja>

<alamat perusahaan tempat bekerja>

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: <karyawan yang mengajukan pengunduran diri>

Alamat: <alamat karyawan>

Jabatan: <jabatan yang diduduki>

Nomor ID: <nomor ID karyawan>

Bersama dengan surat ini, saya ajukan permohonan untuk pengunduran diri dari jabatan yang saja duduki di perusahaan milik Bapak/Ibu yang terhitung pada <tanggal yang ditentukan> dikarenakan masa kontrak yang sudah selesai.

Sebelumnya saya ingin sampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa bekerja dan belajar secara profesional. Saya juga ingin sampaikan terima kasih karena selama ini sudah diberikan bimbingan oleh Bapak/Ibu baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung . Tidak lupa juga, saya ucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan kerja yang selama ini  berjuang bersama untuk mencapai target perusahaan.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena sudah tidak menjadi bagian di dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin lagi. Saya pun memohon maaf bila selama bekerja saya melakukan kesalahan baik secara disengaja maupun tidak sengaja. Semoga kedepannya perusahaan Bapak/Ibu dapat berkembang dan semakin sejahtera.

Demikian surat pengunduran diri ini yang saya buat dengan kesadaran penuh serta atas kemauan saya sendiri dan tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

Hormat saya,

<nama karyawan yang mengajukan pengunduran diri>

Baca Artikel yang Lainnya :