Walikota Batam Resmi Buka TMMD ke-116 Tahun 2023 di Nongsa

Dok humas

Bataminfo.co.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi secara resmi membuka upacara kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun 2023 di Kavling Seraya, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi selaku Inspektur Upacara TMMD ke-116 Tahun 2023 dalam amanatnya mengatakan, TMMD ini adalah wujud operasi dan program TNI-AD dalam mendukung percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan di daerah.

Dengan tema ‘Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat’, Rudi berharap TMMD ke-116 di Kota Batam ini dapat menjadikan Batam sebagai Kota Baru.

“Melalui program ini, sinegritas antara TNI dan seluruh instansi serta elemen masyarakat dapat menjadikan Batam sebagai kota baru,” kata Muhammad Rudi, Rabu (10/05/2023).

Lanjut Rudi, selain untuk melakukan percepatan pembangunan dan kesejahteraan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah operasi TMMD.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan TMMD di Kavling Seraya ini menyerap anggaran pemerintah kurang lebih senilai Rp 2 miliar dan lokasi TMMD tersebut merupakan lokasi kavling siap bangun yang diperuntukan untuk masyarakat yang menjadi penggusuran dari wilayah Sei Jodoh dan Nagoya.

“Maka dari itu marilah kita saling bergotong royong untuk meningkatkan kemajuan Kota Batam yang kita cintai dengan membangun manusia seutuhnya,” tutupnya.

Diwaktu yang sama, Dandim 0316 Batam Letkol Inf Galih Bramantyo, SE, MSi selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-116 di Kota Batam menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 150 personel gabungan dari TNI-Polri dan steakholder di lingkup Kota Batam.

Diungkapkannya bahwa kegiatan TMMD ini meliputi kegiatan fisik berupa semenisasi jalan sepanjang 1.448 meter, pemasangan gorong-gorong box culvenrt dan pemasangan saluran U 40 sepanjang 345 meter.

“Selain itu, dalam kegiatan TMMD ini juga dilakukan kegiatan nom fisik seperti, penyuluhan hukum; kesehatan; narkoba; radikalisme; KB kesehatan dan stunting; ekonomi kreatif dan penyuluhan bela negara,” kata Dandim 0316 Batam Letkol Inf Galih Bramantyo.

Lanjut Letkol Inf Galih Bramantyo, kegiatan ini akan dimulai dari 10 Mei 2023 hingga 8 Juni 2023 mendatang.

“Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan tertibtertib, aman dan lancar serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan,” tutupnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan penandatangan nota kesepahaman antara Walikota Batam dan Dandim 0316 Batam, penyerahan alat TMMD secara simbolik, serta pembagian puluhan paket bantuan sosial kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 033/WP, Kol. Inf Rio Tagor Pasaribu; Waas Komplek Kogabwilhan 1, Kol. M. Soleh; Wadan Lantamal IV Batam, Kol Laut Fajar Hernawan; Dansat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol M. Faisal Aris; Polda Kepri, Kombes Endro P; Wali Kota Batam, HM Rudi; Ketua DPRD kota Batam, Nuryanto; Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri N dan Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Galih Bramantyo.

Selain itu, turut hadir Dandenpom 1/6 Batam, Letkol Cpm Robby Zulkarnaen; Danyon Marinir 10/SBY, Letkol Mar. Nopri GK; Kadis Ops Lanud Batam, Mayor Lek Wardoyo; Kasi Intel Kejaksaan Batam, Andreas Tarigan; Kepala Satpol PP Batam, Imam Tohari; Camat Nongsa, Arfandi Ahmad; Lurah Sambau, Raja Zulkarnaen dan masyarakat Kelurahan Sambau Nongsa.